Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer - Selama lebih dari 3 tahun saya telah menggunakan PC (Personal Computer) sebagai alat untuk menyelesaikan tugas seorang pelajar, selama hampir 5 jam per hari saya menghabiskan waktu di laptop saya, jadi pengalaman saya dalam mempercepat kinerja komputer, terutama laptop saya sudah bisa di katakan banyak, mulai dari komputer terasa lemot hingga penggunaan CPU tinggi. Dan juga mulai dari speed internet yang lambat hingga koneksi internet tidak dapat terhubung. Banyak cara yang telah saya gunakan untuk meningkatkan kinerja komputer ada juga yang gagal tetapi tidak sedikit yang berhasil membuat PC saya tidak lagi lemot.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Oleh karena itu trik dan tips yang akan saya sampaikan telah terbukti guna meningkatkan kecepatan komputer bahkan hingga 100% hebat tidak, tentu saja tips trik di bawah ini dapat dipraktikkan oleh Anda para pembaca blog ini terutama pengguna Windows 7 karena OS yang saya gunakan saat ini adalah Windows 7 jika menggunakan OS lain dapat dibaca terlebih dahulu artikel ini kemudian dapat disesuaikan dengan PC Anda.

Pada prinsipnya, trik utamanya adalah mengecilkan beban sekecil mungkin pada komputer sehingga proses, kinerja, dan pemuatan juga akan meningkat secara otomatis. Terutama ketika kita menghilangkan penghambat kinerja, virus, adware, malware, dan lainnya.

Langsung saja kita mulai pada poin pertama, harap baca postingan ini sampai selesai dan juga di sertai praktek.

1. Kurangi file dalam memori hardisk/penyimpanan

Bagi orang yang suka sekali download file seperti game dan film, perhatikan kapasitas memori penyimpanan masih banyak, atau hampir penuh. Masalahnya adalah ketika PC membuka banyak file terutama di folder maka secara otomatis akan menampilkan semua file yang ada sehingga komputer akan lambat pada proses bahkan kadang-kadang macet, terutama jika folder tersebut dibuat tampilan "Ikon Besar", dalam mode Ikon Besar biasanya akan muncul "preview" dari suatu file. Contoh ketika dalam 1 folder ada 500 gambar maka menunjukkan semua preview yang ada akan sangat panjang.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Lihat gambar di folder saya, ada sangat banyak file (total sekitar 1.600 gambar) sehingga untuk menampilkan semua preview (gambar yang muncul sebelum dibuka) akan lama, saya bahkan membuat beberapa folder di dalamnya dengan tujuan meminimalkan file di folder sehingga proses memuat untuk membuka semua gambar akan lebih cepat. Trik ini bisa Anda coba dan rasakan bedanya, menambahkan beberapa folder juga tidak apa-apa.

Jangan biarkan hardisk  kita penuh dan jangan biarkan warna jumlah file menjadi merah. Khususnya pada Disk Lokal (C :) Saya sarankan tidak menyimpan banyak file di sana, lebih baik simpan saja pada Disk Local (D :) atau (E :) saja.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Selain itu hapus juga file yang tidak berguna, hapus file besar seperti film dan game. Jangan sampai ada file yang berserakan, jadi kelompokkan file pada folder khusus agar rapi. Intinya adalah bahwa semakin banyak file maka akan memproses file lebih lama.

2. Beli Hardisk dan RAM baru dengan kapasitas lebih besar

Hardisk

Jika tips sebelumnya adalah tips gratis maka kali ini saya sarankan tips berbayar tetapi cukup mantap untuk diterapkan, dengan meningkatkan kapasitas Hardisk dan RAM maka kinerjanya juga akan lebih baik. Untuk jenis dan harga hard drive Anda dapat mencari di google saja tetapi yang perlu Anda ingat adalah mengganti hardisk dengan kualitas yang baik. Pilih yang tahan lama, kinerja tinggi atau kecepatan tinggi.

RAM

RAM merupakan memori sementara yang dipakai untuk menyimpan data pada saat kinerja komputer sebelum dieksekusi oleh prosesor, pada dasarnya Anda perlu mengganti RAM untuk meningkatkan kinerja PC jika kapasitas RAM tidak sebanding dengan kualitas prosesor tersebut.

Sebagai contoh, PC Anda memiliki Core i5 Processor tetapi hanya memiliki RAM 2GB. Tentu saja, Prosesor berkualitas tinggi tidak setara dengan kapasitas RAM itu akan menyebabkan kinerja menjadi lambat. Intinya adalah bahwa jika data diproses oleh prosesor tinggi sementara RAM hanya mampu menyimpan data kecil maka secara otomatis akan menyebabkan kinerja komputer lambat.

Silakan periksa processor dan RAM yang Anda miliki dan lihat apakah itu cukup untuk mendukung processor atau tidak, jika bingung tanyakan pada praktisi atau tempat layanan apakah laptop sudah memenuhi kualitas atau belum.

3. Unisntal Program tidak diperlukan

Cara ini sangat efektif dan terbukti meningkatkan kinerja laptop yang saya miliki, tahukah Anda bahwa laptop saya memiliki spesifikasi yang rendah plus penggunaan selama berjam-jam tetapi sampai sekarang kinerjanya masih cukup bagus. Salah satu rahasianya adalah menghapus perangkat lunak yang tidak penting sehingga beban pada laptop juga lebih berkurang.

Kita tahu bahwa terkadang suatu program/aplikasi menambahkan proses tambahan, terutama proses yang tidak ditampilkan sehingga setelah menginstal perangkat lunak tertentu komputer kita akan terasa berat. Terutama ketika start-up sedang berjalan, banyak perangkat lunak menambah beban pada proses start up /boot.

Saya sarankan untuk menghapus instalan perangkat lunak yang tidak terlalu penting, jika terpaksa menggunakan banyak psoftware maka solusi lain adalah menggunakan versi portabel sehingga perangkat lunak hanya membebani PC saat digunakan saja. Untuk laptop saya sendiri, saya punya banyak untuk menghapus instalan perangkat lunak kemudian mencari versi yang portable, jadi meskipun saya membutuhkan banyak program tetapi tidak terlalu khawatir tentang kinerjanya.

Juga gunakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu proses penghapusan instalasi, kami akan membantu menghapus data yang tidak penting setelah proses penghapusan selesai seperti pembersihan file sementara dan sebagainya. Saya lebih suka menggunakan versi gratis "Revo Uninstaller" karena mudah digunakan dan juga memiliki ukuran yang kecil. Dengan bantuan aplikasi ini proses penghapusan file sementara lebih mudah dan lebih cepat.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Cara lain yang dapat Anda coba adalah menghapus aplikasi ketika tidak diperlukan lalu menginstalnya lagi saat diperlukan, salah satu teman menyarankan ini dengan menginstal antivirus saat diperlukan saja. Tetapi Anda dapat memilih apakah akan menggunakan cara ini atau tidak karena satu tips ini agak ribet.

4. Pilih software berukuran kecil

Tips ini sebagai pelengkap nomor 3, Cara lain adalah memilih program yang kecil tapi tetap kuat. Hapus perangkat lunak besar lalu ganti dengan yang lebih kecil. Jika Anda melihat gambar di atas maka Anda akan tahu bahwa sebagian besar perangkat lunaknya kecil. Tidak sampai 300mb kecuali MS Office Enterpreneur 2007.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Silakan coba aplikasi di atas sehingga Anda akan merasakan kinerja lebih cepat tetapi kepuasan saat menggunakan aplikasi masih terjaga. Di sini saya memberikan beberapa daftar aplikasi ringan dan berat sehingga Anda dapat memilih program terbaik untuk kecepatan PC milik Anda.
  • Pembuka gambar ringan: Irfan View (ukuran kecil tapi mudah digunakan dan terlihat menarik) 
  • Pembuka gambar berat: Picasa
  • Pembukaan file musik: AIMP3 (ukuran kecil tapi mudah digunakan dan tampilan dan suara yang cukup bagus), selain itu ada juga XMPlay (ukuran lebih kecil, ada versi portabel, tetapi fitur tema dan opsi sudah ketinggalan zaman dengan AIMP3)
  • Berat: Winamp
  • Pembaca file PDF atau ebook: Pembaca PDF mini (ukuran kecil, mudah digunakan, cepat, tetapi tampilan agak sederhana), selain Sumatra PDF (ukuran lebih besar, mudah digunakan, kinerja terkadang membuka halaman PDF)
  • Berat: Adobe reader, Foxit reader
  • Pembuka video ringan: Media Player Classic
  • Memiliki kinerja yang sedikit lebih berat: KM Player, GOM, dan lainnya
  • Browser: Saya lebih suka opera dan chrome daripada mozilla karena mozilla lebih berat
  • Antivirus: ESET antivirus dan SMADAV, saya memilihnya karena memiliki kinerja yang baik, tidak terlalu memberatkan PC, tetapi ganas terhadap file yang mengandung virus. Untuk Avira dan Avast saya merasa lebih berat. Saya juga menggunakan PC Mav jika diperlukan
  • Software uninstaller: revo uninstaller

5. Hapus file sampah

Data yang tidak penting sering membebani komputer sehingga perlu untuk membersihkannya setidaknya sekali seminggu, data sampah dapat dihasilkan dari berbagai sumber tetapi untuk membersihkannya kita dapat menggunakan perangkat lunak khusus yang berguna untuk menghapus semua file tersebut.

Aplikasi pembersihan jenis ini sekarang sangat banyak di dunia maya, kita dapat merasakan manfaatnya benar-benar efektif atau tidak setelah di coba. Tidak perlu aplikasi populer yang paling penting adalah kerjanya.

Bagi saya sendiri lebih suka menggunakan Glary Utilities sebagai program pembersih sampah, alasannya tentu saja karena hasil yang dikerjakan maksimal, memiliki kecepatan yang sangat tinggi, tampilan yang ramah pengguna, dan salah satu favorit saya adalah ada beberapa program tambahan, cocok untuk orang yang mencintai perangkat lunak dengan banyak program tambahan di dalamnya.

Silakan instal di PC Anda, gunakan versi gratis saja lalu gunakan untuk membersihkan data yang tidak penting yang bersarang di dalam hardisk. Anda dapat langsung memilih menu 1-Click Maintence ada menu lain yang memungkinkan untuk Anda pilih, file mana yang ingin Anda hapus. Periksa semuanya agar PC benar-benar bersih. Pada 1-Click Maintence kita dipersilakan untuk mengatur pembersihan lebih lanjut, kita dapat menghilangkan cache pada cache atau cookie browser karena cache dan cookie sangat penting.

6. Hapus System Volume Information

Kadang-kadang jika Informasi Volume Sistem tidak dibersihkan maka local disk (C :) akan penuh bahkan pada local disk (C :) penyimpanan hanya tersisa 10giga dari total 200giga padahal tidak banyak menyimpan file besar.

Untuk melihat folder System Volume Information milik Anda, Anda harus menonaktifkan fungsi menyembunyikan folder. Berikut adalah gambar System Volume Information laptop saya yang telah dihapus.
√ 7 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lemot (Terbukti)
Anda dapat melihat sendiri bahwa meskipun telah dibersihkan, tetap berisi banyak file antara 200.000-2000.000 KB sehingga dapat dibayangkan jika kita tidak membersihkannya. Lalu bagaimana cara menghapus data yang ada? Tenang, akan saya jelaskan berikut ini:

1. Salin teks berikut ke dalam notepad
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:f
cacls recycler /t /e /c /p everyone:f
cacls recycled /t /e /c /p everyone:f
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:f
cacls autorun.inf /t /e /c /p everyone:f
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:f
pause
rd /s /q "System Volume Information"
rd /s /q recycler
rd /s /q recycled
rd /s /q "$RECYCLE.BIN"
rd /s /q "autorun.inf"
del autorun.inf
pause
md recycled
md recycler
md "System Volume Information"
md "$RECYCLE.BIN"
md "autorun.inf"
pause
attrib.exe recycled +s +r +h
pause
attrib.exe recycler +s +r +h
pause
attrib.exe "System Volume Information" +s +r +h
pause
attrib.exe "$RECYCLE.BIN" +s +r +h
attrib.exe "autorun.inf" +s +r +h
cacls recycler /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls recycled /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "System Volume Information" /t /e /c /p everyone:r
pause
cacls "$RECYCLE.BIN" /t /e /c /p everyone:r
cacls "autorun.inf" /t /e /c /p everyone:r
2. Simpan dengan memilih Save As
3. Ganti nama dengan "Delete.bat" tanpa tanda kutip
4. Simpan di local disk (C :)
5. Kemudian jalankan atau klik 2 kali Delete.bat
6. Tekan enter terus menerus sampai proses selesai
7. Selesai! Folder telah dihapus dan Local Disk (C :) tidak lagi penuh seperti sebelumnya

8. Hilangkan Ikon di Desktop

Dengan cara ini keuntungan yang kita dapatkan adalah ketika Anda 'refresh' dengan klik kanan pada desktop akan terasa lebih cepat.

Walaupun tips ini tidak memberikan banyak efek tetapi saya agak tidak suka ketika menggunakan PC entah itu milik sendiri atau teman terasa lambat ketika ingin refresh di desktop.

Ganti tampilan ikon di desktop berada di bilah tugas dengan cara:
  • Klik kanan pada desktop 
  • Arahkan ke View, lalu buka blokir Show Desktop Icon
  • Klik kanan pada taskbar (di sebelah menu di bawah) 
  • Arahkan mouse ke Toolbars 
  • Pilih atau Periksa di Desktop 
  • Ikon pada desktop secara otomatis muncul di taskbar 
  • Selesai!
Jika Anda kesulitan menerapkan cara ini, silakan tanyakan di kotak komentar, saya akan menjawab nanti. Poin penting dari tips ini mengurangi tampilan desktop, jadi jangan gunakan perangkat lunak untuk mempercantik tampilan desktop seperti widget dan sebagainya.

7. Gunakan Visual Effect Minimalis

Efek Visual cukup berpengaruhi, terutama pada PC lama atau spesifikasi rendah. Efek tambahan mempercantik tampilan tetapi juga memperbarat. Jika Anda tidak terlalu memperhatikan tampilan dan lebih mementingkan kecepatan cara ini harus dicoba dan lihat hasilnya.

Bagaimana cara melakukannya?
  1. Klik ikon Windows dan tulis ke pencarian "SystemPropertiesPerformance" tanpa tanda kutip 
  2. Tekan Enter
  3. Pilih SystemPropertiesPerformance 
  4. Pada tab Visual Effect hapus efek yang tidak penting 
  5. Tekan OK
Saya mengapus centang di : Animate Control and Elements inside windows, Animate Windows when minimizing and maximizing, Animations in the taskbar and start menu, enable desktop composition, Fade out menu items after clicking, Save taskbar thumbnail previews, Show shadows under mouse pointer, Show shadows under windows, Show transclucent selection rectangle, Show window contents while dragging, Slide open combonboxes, Smooth edges of screen fonts.

Anda dapat memilih mana yang penting atau tidak, nonaktifkan opsi di atas dan lihat bagaimana perbedaannya saat aktif karena postingan ini tidak dijelaskan secara rinci.

Demikian artikel cara mempercepat kinerja komputer agar tidak lemot, Semoga membantu memecahkan masalah Anda. Terimakasih 👍

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel